Kamis, 29 Agustus 2013

Hay gan... kali ini cara membuat subtitle kara menggunakan aegisub dengan kalimat dan gambar lain karena banyak orang kurang setuju kalau saya copas materi orang lain padahal saya sudah tulis nama sumbernya dibawah postinganku yang lalu.

Yosh... nggak usah banyak bacot lagi, kita mulai saja belajar membuat subtitle karaoke ala Kadry’s Blog.

Pertama-tama kita harus paham apa itu kara.

Kara adalah tulisan berjalan yang dilengkapi efek-efek tertentu yang biasa ada di video clip atau lagu (itu sih menurut saya, hehe...)

Yang belum punya Aegisub bisa didownload [DISINI].

Yang perlu kita siapkan adalah video yang support dengan aegisubnya, seperti video berformat avi, mp4, mkv, dll. Setelah itu masukkan videonya di aegisub, caranya klik menu video kemudian klik open video.

Dan yang paling penting harus ada audionya karena kalau nggak ada audionya 
kita tidak bisa membuat kara donk.

Tentu saja masukkan juga teks subtitle yang akan kita buat.

Jika kalian belum mengerti bagaimana cara mengeluarkan audio di video yaitu dengan cara pilih menu audio kemudian klik Open Audio From Video.


Pertama kita harus menentukan waktu dimana subtitle akan muncul, kalian taukan caranya? Ya benar tentu saja dengan cara mendengarkan audionya.
Cara mengaturnya kalian bisa melihat gambar yang ada dibawah. Kalian bisa mengatur kapan subnya akan muncul dan kapan juga subnya hilang.


Nah... kita beralih ke topik yang sebenarnya. Pertama klik tombol karaoke seperti yang ditunjukkan oleh gambar dibawah 


Setelah kalian klik tombol karaoke tadi maka akan muncul kalimat teks subtitle di sampingnya. Kemudian klik tombol split untuk pemotongan suku kata seperti yang ditunjukkan oleh gambar dibawah.


Lalu klik kalimat-kalimat disampingnya split tadi untuk di pisahkan timingnya.
Jika sudah dipisahkan kemudian klik Accept Split.

Nah... Jika kalimat-kalimat tadi sudah dipotong per suku kata, sekarang kita ke tahap penentuan waktu kata. Apa itu?

Penentuan waktu kata adalah dimana suku kata yang kita sudah potong tadi dapat muncul tepat pada waktu Audio di Video mengucapkan kata-katanya.


Pertama klik kata di kotak merah satu per satu.

Lalu edit waktunya di grafik Audio yang seperti gambar di atas dan geser untuk mengubah waktu pemunculan kalimatnya.

Setelah penentuan waktu suku kata yang terputus-putus tadi selesai, maka kita beralih ke tahap pemberian efek dasar. Efek dasar ini terdiri atas /K, /Kf, dan /Ko. Saya lebih suka efek \K.

Efek dasar ini berfungsi untuk menggerakkan subtitlenya.

Cara untuk memberikan efek dasar yaitu klik kanan salah satu kalimat terputus-putus seperti yang ditunjukkan gambar dibawah, kemudian pilih efeknya.


Nah setelah di beri efek dasar pada kalimat-kalimat subnya tadi
Maka Sript Text Lagunya tadi akan berubah seperti di dalam kotak merah di bawah
Lalu jangan lupa Klik Commit biar jalan karanya.


Nah sekian dari saya dalam pembuatan Kara yang saya ketahui
Namun ada satu lagi.

Jika kalian ingin effect kara-nya lebih keren kalian harus mendownload effect aegisubnya. Kemudian Apply dech...

Jika kalian ingin download efek-efek aegisub yang keren, kalian bisa cari di Youtube... :3

Nich... Saya pengen bagi tips lagi, cara memberikan efek tambahan yang keren abiz di subtitle kareoke.
Pertama buka dulu file effect aegisub yang sudah kalian download seperti gambar dibawah ini:


Salin tulisan script seperti gambar diatas.

Setelah itu, Paste di atas subtitle yang kalian ingin berikan effect. Contohnya seperti gambar dibawah ini:


Jangan lupa import script font style effect aegisubnya agar support effectnya dengan font yang ingin di beri effect, caranya klik menu Subtitles pada menu bar aegisub kemudian pilih style manager. Setelah kalian pilih, akan muncul jendela style manager...

Setelah muncul jendela tadi, klik tombol “import from script...” kemudian kalian cari dimana letak file effect aegisub yg tadi kalian download dan copy scriptnya.

Kemudian muncul jendela import styles, pilih salah satunya sesuai selera. Hehe

Agar lebih menarik lagi, kalian bisa mengedit import style tadi.

Lalu, kalian ganti style font subtitlenya dengan style yg kalian sudah import tadi. Caranya klik tombol seperti gambar dibawah kemudian pilih nama style import kalian.

 

Terakhir, klik menu Automation pada menu bar aegisub kemudian pilih Apply karaoke template.

Agar Lebih Percaya jika tutorial yang saya share ini berhasil coba lihat screen shootnya dibawah ini:



Maaf ya, saya hanya bisa membuktikannya melalui screen shoot saja. Soalnya jaringannya lagi down. hehe... :)

Kalau ada yang mau bertanya dimana letak tombol karaoke di Aegisub 3, nich.. ane kasi tau dech... Hehe 



Jika pengen tau lebih jelasnya nonton video di bawah ini saja sob.




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Terkini

Maaf ya gan... Saat ini ane tutup komentarnya dulu untuk sementara waktu, karena alasan perbaikan.

Kalau ada yang kurang jelas atau mau di tanyakan, silahkan PM ane di fesbuk... Ane aktif di fesbuk kok. :3

Search This Blog

Memuat...

Anda Pengunjung Yang Ke-

Entri Populer

Like Ya!

Pengikut