Jumat, 18 Juli 2014

Hallo Minna-san... Ane akan share tentang rahasia-rahasia game Harvest moon Back To Nature ini. Game bertani ini termasuk game paling populer sejak dulu lho, tapi tidak banyak juga yang tau soal rahasia-rahasianya seperti tempat power berry, resep makanan, hari ulang tahun, hoax, dll.

Nach... Kali ini ane mau ungkapin rahasia-rahasianya itu sob,

Kita langsung saja kepokok pembicaraannya. Yosh... Ikuzo!!

# Hari Ulang Tahun & Hadiah Kesukaan

SPRING
Louis: Spring 2 Madu, Selai.
Saibara: Spring 11 - Bijih besi.
Elli: Spring 16 - Bunga. Pekerja keras, diam-diam ia disukai oleh dokter. Bila ultahmu Summer 16, ultah Elli akan jadi Summer 20.
Greg: Spring 26 - Ikanbesar, Ikansedang, MakananIkan.
Sasha: Spring 30 - Bunga, Flour, Madu.


SUMMER
Popuri: Summer 3 - Bunga, Madu, pokoknya dia suka hal yang imut-imut. Tinggal bersama Rick kakaknya dan ibunya Lilia di Poultry Farm. Bila hari ultahmu Summer 3, ultahnya jadi Summer 10. Walaupun sainganmu Kai, Kai hanya muncul pada musim panas, kamu tetap harus berusaha menyenangkan Popuri.
Harris: Summer 4 - Bunga, Onigiri.
Cliff: Summer 6 - Onigiri, Spa-Boiled Egg. Tinggal di Inn dan sering berada di gereja saat siang hari. Kalau kamu mengajaknya bekerja di Vineyard, dia akan menjadi temanmu.
Basil: Summer 11-Bunga.
Ann: Summer 17-Spa Boiled Egg. Adalah gadis tomboi sehingga ayahnya (Doug) takut Ann tidak bisa menikah. Ann pandai masak dan ramah. Cliff adalah sainganmu untuk mendapatkan Ann. Ann akan mengundangmu ke acara ultahnya bila parameter perasaannya sudah ungu atau lebih. Jangan lupa datang dengan membawa hadiah. Bila ultahmu Summer 17, ultah Ann akan jadi Summer 22.
Kai: Summer 22 - Flour, Oil. Hanya muncul pada musim panas (menetap bila menikah dengan Popuri). Orangnya ceria dan berterus terang.
Zack: Summer 29 - Onigiri.

FALL
Gotz: Fall 2 – Semua jenis bahan masakan.
Stu: Fall 5 - Madu, Juice, Selai.
Manna: Fall 11 - Madu, Bunga.
Karen: Fall 15 - Wine. Orangnya Cantik, pemilih, suka minum untuk melupakan masalahnya. Satu-satunya karakter wanita yang dapat ditemukan di Inn pada malam hari. Bila ulathmu Fall 15, ultahnya jadi Fall 23. Rick menyukainya dan selalu cemburu pada Kai.
Doctor: Fall 17 - Poisonous Mushroom. Orangnya sangat sibuk tapi ia ramah.
Anna: Fall 23 - Madu, Flour.
Rick: Fall 27 - Makanan Ayam. Orangnya baik, tapi ia tidak suka pada Kai. Tinggal di Poultry Farm.

Winter
Kano: Winter 2 - Bunga, Jamur.
Gray: Winter 6 - Bijih Besi. Tinggal bersama Kakek yang bernama Saibara dan bekerja untuknya. Ia pemalu dan merasa kurang dihargai oleh kakeknya. Kalau bukan bekerja biasanya ia ada di perpustakaan.
Doug: Winter 11 - Flour, Kare Flour, Oil.
Ellen: Winter 13 - Onigiri, Bread, Egg, Spa-Boiled Egg.
Duke: Winter 15 - Bread, Onigiri, Spa-Boiled Egg.
Won: Winter 19 - Ane kagak tau apa yang dia suka. Hehe
Mary: Winter 25 - Bamboo Shoots (rebung). Gadis manis, suka bicara tentang buku. Bila ultahmu Winter 25, ultah Mary jadi Spring 16. Mula-mula ia belum sadar bahwa Gray suka padanya.

# Sprite (Kurcaci)
Peri-peri yang tinggal di pohon belakang gereja. Sprites suka aksesoris, apple pie, bodigizer, bread, butter, cake, cookies, fruit juices, green grass, honey, hot milk, jam, omelets, relaxation tea, strawberry milk, sweet potatoes, mix juices, pizza, wild grapes, wine and yarn. (Jangan lupa membungkus hadiah itu di toko.) Mereka tidak suka binatang yang besar.

Ulang Tahun Sprite
Bold (baju ungu): Spring 4
Staid (baju biru tua): Spring 15.
Aqua (baju biru muda): Spring 26.
Timid (baju hijau): Summer 16
Hoggy (baju kuning): Fall 10.
Chef (baju merah): Fall 14.
Nappy (baju oranye):Winter 22

#Help
Kalau minta tolong, gunakan saja 3-4 sprite, jangan memanggil semuanya karena nanti saat kamu benar-benar butuh lagi mereka tidak akan membantumu karena hatinya udah habis. Kecuali kalau kamu ingin menggarap ladangmu besar-besaran, sekitar 10-20 baris, barulah kamu butuh 7 Sprite sekaligus.

# Parameter Perasaan
Hitam: Tidak ada perasaan apapun
Ungu: Sopan padamu
Biru: Sebagai teman
Hijau: Menyukaimu
Kuning: Jinak-jinak merpati
Orange: Terpikat
Merah: Mencintaimu

# Item
Animal Medicine
Harga- 1000G
Untuk mengobati penyakit hewan peliharaan. Bisa dibeli di Yodel Ranch atau Poultry Farm.
Bell
Harga- 500G
Untuk memanggil ternak keluar atau ke dalam kandang. Lebih mudah kan daripada mendorong-dorong mereka ke sana sini. Bisa dibeli di Yodel Ranch.

Blue Feather
Harga - 1000G
Untuk melamar gadis yang parameter perasaannya sudah merah. Beli di Supermarket.

Blue Vase
Harga - 5000G
Won akan menjualnya padamu bila rumahmu sudah diupgrade sepenuhnya. Taruh bunga di dalamnya, berfungsi untuk mengurangi kelelahan.

Cow Potion
Harga - 3000G
Membuat sapi hamil. Beli di Yodel Ranch.

Dog Ball
Harga - 100G
Sangat berguna untuk melatih anjingmu, supaya bisa menang balap anjing dan membantu menggembala ternak. Biasanya Won akan datang dan menawarkannya pada musim gugur.

Fishing Rod
Gratis.
Tangkai pancing. Bicara dengan Greg di Spring tahun pertama dan dia akan memberikannya.

Fishing Pole
Gratis.
Tangkai pancing besar, lebih banyak hasilnya dari pada Fishing Rod. Greg akan datang memberikanmu bila ikan di kolammu berjumlah 50 atau lebih. Untuk itu kamu harus rajin memancing dan memberi makan ikanmu (Cukup sekali dalam sehari).

Medium Rucksack
Harga - 1000G
Beli di Supermarket. Bisa membawa 4 tool dan 4 item.

Large Rucksack
Harga - 5000G
Bisa membawa 8 tool dan 8 alat. Bisa dibeli di Supermarket 10 hari setelah kamu membeli Medium Rucksack.

Sheep Potion
Harga - 3000G
Membuat domba bisa hamil. Beli di Yodel Ranch.

Shears
Harga - 1800G
Untuk mencukur bulu domba. Hasilnya bisa dijual.

Siaran TV Belanja
Setiap Sabtu, televisimu akan menyiarkan penawaran item dapur dari saluran TV Belanja. Kamu akan membutuhkan item-item ini untuk memasak. Untuk memesannya, kamu harus menonton TV belanjanya sampai habis kemudian pergi ke Inn untuk menelpon seharga 10G per panggilan. Biasanya waktu pengiriman item ialah 3 hari. Setelah semua barang dari TV Belanja di pesan, acara televisi akan berganti.
Knife: 3000 G
Frying Pan: 2500 G
Pot: 2000 G
Mixer: 2500 G
Whisk: 1000 G
Rolling Pin: 1500 G
Oven: 5000 G
Seasoning Set: 5000G
Power Fruit: 5000G

# Macam-Macam Tanaman sayuran yang bisa ditanam di ladang.

Spring (Musim Semi)
Cabbage (Kubis)
Harga Biji : 500G
Di mana belinya : Won
Dijual seharga : 250G
Waktu tumbuh : 15 hari
Panen : Sekali

Cucumbers (Mentimun)
Harga benih: 200G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : 100G
Waktu tumbuh : 10 hari
Panen :  5hari

Grass (Rumput)
(Dapat ditanam di segala musim kecuali musim dingin)
Harga benih: 500G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : Tidak untuk dijual
Waktu tumbuh : 5 hari
Panen : Setiap 10 hari

Moon Drop Flowers
Harga benih: 500G
Di mana belinya : Won
Dijual seharga : Tidak untuk dijual
Waktu tumbuh : 6 hari
Panen : Sekali

Potatoes (Kentang)
Harga benih: 150G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : 80G
Waktu tumbuh : 8 hari
Panen : Sekali

Strawberry
(Bisa dibeli ketika semua sayuran musim semi sudah terjual 100 buah)
Harga benih: 150G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : 30G
Waktu tumbuh : 9 hari
Panen : 5 hari

Turnip (Lobak)
Harga benih: 120G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : 60G
Waktu tumbuh : 5 hari
Panen : Sekali

Toy Flowers
Harga benih: 400G
Di mana belinya : Won
Dijual seharga : Tidak untuk dijual
Waktu tumbuh : 13 hari
Panen : Sekali

Summer (Musim Panas)
Corn (Jagung)
Harga benih: 300G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : 100G
Waktu tumbuh : 15 hari
Panen : Setiap 5 hari

Onion (Bawang)
Harga benih: 150G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : 80G
Waktu tumbuh : 8 hari
Panen : Sekali

Pineapple (Nanas)
Harga benih: 1000G
Di mana belinya : Won
Dijual seharga : 500G
Waktu tumbuh : 18 hari
Panen : Setiap 5 hari

Tomato (Tomat)
Harga benih: 200G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : 60G
Waktu tumbuh : 8 hari
Panen : Setiap 3 hari

Pumpkin (Labu Kuning)
(Bisa dibeli ketika semua sayuran musim panas sudah terjual 100 buah)
Harga benih: 500G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : 250G
Waktu tumbuh : 15 hari
Panen : Sekali

Pink Cat Flowers
Harga benih: 200G
Di mana belinya : Won
Dijual seharga : Tidak untuk dijual
Waktu tumbuh : 6 hari
Panen : Sekali

Fall (Musim Gugur)
Carrot (Wortel)
Harga benih: 300G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : 120G
Waktu tumbuh : 8 hari
Panen : Sekali

Eggplant (Terong)
Harga benih: 120G
Dijual seharga : 80G
Waktu tumbuh : 10 hari
Panen : Setiap 5 hari

Green Pepper (Cabe Hijau Besar)
Harga benih: 150G
Di mana belinya : Won
Dijual seharga : setiap 40G
Waktu tumbuh : 8 hari
Panen : 5 hari

Spinach (Bayam)
(Bisa dibeli ketika semua sayuran musim gugur sudah terjual 100 buah)
Harga benih: 200G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : 120G
Waktu tumbuh : 6 hari
Panen : Sekali

Sweet Potato (Kentang Manis)
Harga benih: 300G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : 120G
Waktu tumbuh : 6 hari
Panen : Setiap 3 hari

Blue Magic Red Flower
Harga benih: 600G
Di mana belinya: Won
Dijual seharga: 200 G (hanya yang merah bisa dijual)
Waktu tumbuh: 6 hari
Panen: Sekali

Orange Cup
(hanya dapat tumbuh dalam rumah kaca, pada musim apapun)
Harga benih: 1000G
Di mana belinya : Won
Dijual seharga: 60 G
Waktu tumbuh : 9 hari
Panen : Sekali

# Pernikahan
Agar hubungan dengan istrimu baik dan dia tidak meninggalkanmu, kamu harus bersikap baik padanya. Bicara dengannya setiap hari, usahakan pulang ke rumah sebelum dia tidur (10 PM) dan berikan hadiah setiap hari supaya parameter perasaannya tetap berwarna merah. Setelah 1 atau 2 musim keadaan baik-baik terus, istrimu akan hamil! Kalau parameter hatinya sedang turun, lebih banyaklah bicara dengannya, kalau perlu beri 2 hadiah sehari.

#Perkembangan Anak
Bayi - Ketika bayimu baru dilahirkan, kamu belum bisa menggendongnya, cuma istrimu yang bisa. Bayimu juga akan mempunyai parameter perasaan dan tentu saja kamu akan berusaha membuatnya senang. Sayangnya pada tahap ini kamu belum bisa melakukannya karena belum bisa berinteraksi dengan bayimu.
Merangkak - Setelah sekitar setahun, bayimu mulai merangkak. Sekarang kamu bisa mengajaknya bicara, dan memberinya hadiah, misalnya hot milk. Di game ini anakmu akan berjenis kelamin laki-laki (mungkin biar gampang bikin programnya). Putramu akan memakai kostum biru.
Berjalan - Tiga musim setelah bayimu mulai merangkak, ia akan mulai berjalan. Kamu bisa lebih banyak bicara dengannya dan memberinya hadiah barang-barang yang lebih besar. Setelah ini anakmu masih bisa terus tumbuh dan berkembang. Lihat sendiri deh.

#Mendapatkan Resep Masakan
Ice cream : beri sebuah telur pada Barley
Potato Pancakes : berikan bamboo shot pada Gotz
Fries : dalam sebuah botol saat kamu memancing di dermaga
Mixed Juice : berikan Doctor blue medicine plant
“Ohitashi” Greens : berikan Mana sebuah Pink Cat flower
Popcorn: berikan sebuah jagung kepada Kai
Pickled Turnips : berikan sebuah jagung kepada Saibara
Fruit Latte : berikan sebuah tomat pada Basil
Cheese Fondue : berikan sebuah tomat pada Doug
Pastor’s Afternoon Snack : berikan sebuah telur pada Pastor

# Power Berry
Power Berry 1 : Menangkan 1001 medali dari lomba berkuda, tukar medali itu dengan Power Berry.
Power Berry 2 : Memancing di laut, di dermaga sana.
Power Berry 3 : Dalam tambang di dekat Hot Springs.
Power Berry 4 : Di luar tambang musim dingin, di pojok. (Tekan X.)
Power Berry 5 : Di dalam tambang musim dingin.
Power Berry 6 : Beli di TV Shopping Network, harganya 5000G.
Power Berry 7 : Menangkan Lomba Renang.
Power Berry 8 : Coba tebang pohon cedar di Mother’s Hill. Pohon itu akan bicara memintamu untuk tidak memotongnya. Kalau kamu turuti ia akan memberimu Power Berry.
Power Berry 9 : tanam lebih daripada 90 bunga . Waktu Anna datang katakan padanya ia boleh memetik sebanyak ia mau.
Power Berry 10 : Berikan Dewi Peri hasil panen selama 5 hari berturut-turut dengan cara melemparkannya ke air terjun.
Special Berry : Lemparkan 3 cucumber (timun) ke danau di Mother’s Hill sambil berdiri di depan 2 pohon di sebelah kiri danau. Kappa akan memberimu sebuah berry. Berry ini membuat konsumsi energi jadi separuh.

# Ikan Legendaris
Sea Bream : Dapatkan pada musim semi, panas, atau gugur. Setelah menjual lebih dari 200 ikan tanpa menggunakan keranjang, kamu dapat mengangkap ikan ini di laut.
Squid (cumi) : Lempar ikan kecil ke laut sebagai umpan lalu lemparkan pancingmu. Satu umpan berlaku untuk satu hari mancing.
Char : Gunakan pancingmu di sungai atau air terjun setelah kamu mendapat resep Sashimi, Grilled Fish dan Sushi. Musim apa saja.
Angler : Mancing di laut saat musim dingin pada jam 8PM-11PM.
Catfish (Ikan Lele) : Memancing di kolam yang berada di tambang musim dingin paling bawah. Pakai alat pancing apapun oke.
Carp (Ikan Koi) : Saat musim semi atau musim gugur, setelah mendapat 5 ikan legendaris lainnya. Bisa ditangkap di Mother’s Lake (danau dekat jembatan).

# Tips & Trick Dari Bang Kadry :3
Mengontrol Cuaca
Setelah save, periksa cuaca untuk keesokan hari. reload game kamu. Periksa cuaca lagi, dan biasanya ramalan cuaca kali ini akan berbeda. Lakukan terus sampai mendapat cuaca yang kamu inginkan. Cara ini sangat berguna agar kamu bisa menghindari badai salju.

Rumah Kaca Yang Kokoh
Tanam bibit rumput didalam rumah kaca tersebut, biasanya Rumah Kaca tidak akan hancur saat diterjang badai. Bang Kadry sudah buktikan rumah kaca yang ada tanaman rumput didalamnya tahan badai sampai 5 kali.

Keranjang
Kamu tidak perlu selalu membawa keranjang, kamu bisa memuatnya dengan melempar isinya dari jarak tertentu (sekitar 3 petak).

Relaxation Tea Leaves (Daun Teh Relaksasi)
Antara jam 2.00 PM-4.00 PM di musim semi kunjungi rumah sprite, berikan hadiah pada semuanya. Sprites akan mengundangmu ke acara minum teh dan kamu akan mendapat daun teh yang berharga itu. Item ini bisa kamu gunakan untuk memenangkan lomba masak.

Perfume/Love Potion
Parfum ini bisa didapatkan dengan berkunjung dipantai beberapa kali selama musim panas. Pada suatu hari kamu akan menemukan botol berisi surat. Kai akan menanyakan apakah kamu ingin menetap di desa. Jawab Ya, dan ia akan mengganti botol itu dengan parfum.

Dog Ball
Harganya murah dan Won akan menjualnya lagi kalau kamu kehilangan bolamu. Tapi biar lebih hemat jangan main di dalam rumah karena pasti bolamu akan hilang. Dog ball juga akan hilang bila ditaruh di luar rumah beberapa hari. Paling baik simpan dalam lemari.

Tidur
Kamu tidak perlu tidur sebanyak waktu normal. Kamu bisa tetap bekerja dan pulang paling telat 5.50 AM dan bangun 6.00 AM.
Mendapatkan Bantuan Sprite saat Spring
Kalian bisa meminta bantuan pada kurcaci saat spring, cukup ajak bicara mereka sebanyak 5x.

Mendapatkan Spa-Boiled Egg
Kamu bisa merebus telur di Spa. Caranya letakkan di tempat batu-batu yang seperti masuk ke air. Harga telur-telur ini 30 kali lebih mahal dari pada telur biasa, tapi menurunkan harga Golden Egg.

Mendapatkan kuda lain
Barley akan meminta kembali kudanya ketika kamu tidak terlalu baik merawat kuda itu sebelumnya. Tapi asalkan kamu punya padang rumput yang bagus (tanam sekitar 30 Grass), kamu akan mendapatkan kuda baru. Kamu TIDAK bisa mempunyai 2 kuda sekaligus.

Cliff Pingsan
Suatu hari, kamu mungkin menemukan Cilff pingsan di tengah salju di Rose Square. Dia memiliki sebuah gambar dalam tangannya. Setelah kamu menolongnya, kamu kembalikan gambar itu padanya. Kalau tidak, kamu harus menyimpannya terus padahal tidak jelas gunanya.
Ruang Pengakuan (Dalam Gereja)
Bila pernah buang sampah sembarangan atau melakukan kesalahan lain (misalnya iri pada rumah orang lain), kamu bisa melakukan pengakuan dosa di gereja. Tapi efeknya pada permainan tidak jelas.

Bee Knees
Jika kamu menanam bunga, lebah-lebah akan muncul dan membangun sarang di pohon apelmu. Ambil madu dan berikan pada Louis. Dia akan mengonfirmasikan bahwa lebah ini adalah lebah spesial yang dia cari. Ini akan menambah harga yang kamu dapatkan dari penjualan madu.
Memancing Terus
Kadang ada festival di dekat perairan, misalnya kembang api, lomba renang, dooking pot, dll. Setelah festival usai dan sudah malam, jangan pulang tapi pergilah memancing. Waktu tidak akan berjalan sehingga kamu bisa memancing sepuas-puasnya.

# Berbagai Macam Hoax Yang Populer di Harvest Moon Back To Nature
Pergi Ke Kota Lain
Ada Berbagai rumor bahwa kita bisa pergi ke kota lain selain Mineral Town tercinta pastinya. Ada rumor yang mengatakan bahwa dengan memenagi lomba masak 5 kali berturut-turut , Si Juri bakal ngajak kita pergi ke kota lain.
Rumor berikutnya mengatakan bahwa di tahun ke-10, kita bakal pindah ke kota lain dan memulai hidup baru disana.
Ngakak ane baca hoax yang satu ini... :v

Bisa Poligami
Mungkin ini paling di sukai kalau memang benar bisa, Elli sama Popuri pastinya dijadiin istri, kalau bisa semua cewek di Mineal Town dijadiin istri biar anak muda di sana pada jadi Jones seumur hidup... :v

Warga Desa Bisa Mati
Katanya sih bukan hanya hewan ternak kita saja yang bisa mati, penduduk juga dikatakan bakal ada yang meninggal. Nenek Ellen dan Lillia disebutkan merupakan tokoh yang bakalan meninggal. Dan itu hanya berlaku di HM 64, sekali lagi hanya di HM 64!!!

Para Perantau Pulang Kampung
Disebutkan bahwa penduduk Mineral Town yang diceritakan meninggalkan kota akan pulang kembali.
Suaminya Lillia yang bernama Rod, yang diceritakan sedang mencari obat penyembuh penyakit misterius istrinya dikatakan telah berhasil mendapatkan obat tersebut dan bakal pulang kampung.
Selanjutnya Aja, Anak perempuan Manna dan Duke juga bakal kembali pulang, dan dikatakan juga bisa menikahinya. Kalau kamu sering nonton TV Sport, diketahui kalau si Aja ini sekarang merupakan pembalap Nascar.
Ane penasaran gimana tampangnya si Aja itu ya? :3

Wateringcan Yang Selalu Penuh
Katanya Wateringcan kita bisa selalu penuh setelah mengisi ulang airnya di kolam yang terdapat di dalam tambang musim dingin paling bawah. Tapi ane sering lakukan tetap masih bisa berkurang... -_-

Jembatan Rusak
Hoax inilah yang paling populer saat ini, dikatakan bahwa ditahun ke-10 jembatan yang ada di mother lake akan rubuh asalkan kamu terus berdiri diatasnya sampai tertidur, lalu kamu akan langsung berada di Rumah Sakit. Dan ternyata event tersebut hanya terjadi di Harvest moon 64.

Kota Di Belakang Rumah Saibara
Katanya saat tahun ke-20 Saibara akan meninggalkan desa entah apa alasannya, lalu rumah Saibara akan digusur dan di Jadikan jalan menuju kota lain. Kagak ada Satpol PP di HMBTN bro... :v

Kotak Musik
Katanya Ada kotak musik tua yang terkubur kira-kira segaris dengan rumah anjing dan pohon apel. Gali dengan hoe dan sering-sering bicara dengan Rick. Beberapa hari kemudian ia akan membetulkan kotak musik tua itu dengan gratis. Kamu bisa memberikannya kepada gadis yang kamu sukai. Tapi hal itu bisa didapatkan di game Harvest Moon 64.

Susu Coklat
Dikatakan bahwa kita harus menikah dengan Karen sebelum tahun ketiga dan punya anak sbelum tahun ke-4. Kemudian ambil coklat yang kamu peroleh saat Thanksgiving dan campurkan dalam makanan sapi. Sapi-sapi akan menghasilkan susu coklat yang laku dijual seharga 2000G.
Preet... Itu bohong! kalau bener ada, ane bakal coba masukin teh dari kurcaci biar sapi ane bisa hasilkan teh susu... :'v

# Resep Masakan Dari Bang Kadry
Kalian bisa lihat semua resep masakan dari Bang Kadry 100% LENGKAP. Klik [DISINI]

14 komentar:

  1. Mau nanya nih yg punya blog sampe tahun brpa ya maen game HarvestmoonBTN ?? Oiya emang bisa pindah ke kota lain ya ??

    BalasHapus
  2. Anee udh 15 tahun di BTN tpi nggk ada apa2 lgi yg ada jdi boring maenya....hehehe

    BalasHapus
  3. Iya nih, mau tau apa bener ada kotak musiknya tapi ternyata malah Hoax :u:

    Ada sedikit ralat juga, Yang wateringcan selalu penuh emang bener. Soalnya aku sudah nyoba. Berapa kali kita siram tetap 100. Coba dicek :m:

    BalasHapus
  4. yg Air jadi 100 terus itu hoax...
    gw udah ngisi emang bener gak abis abis masih tetep 100, tapi liat nyiram tanaman gak? coba ente nyiram tanaman bkn nyiram yg lain pasti bakal berkurang... gw lagi ngelanjtuin HMBTN dari ulang ini... -_-
    ikan Misterius baru dapet 3 , susah :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih gan...
      Ntar ane cek lagi...

      Hapus
  5. terima kasih atas infonya kakak

    BalasHapus
  6. rahasia yang lainnya lagi dong gan :h:

    BalasHapus
  7. Nice gan infonya. sama persis kaya bukunya HMBTN versi lengkap...
    ane jadi ga usah beli lagi bukunya gara2 ilang.
    Thanks gan sekali lagi ....

    BalasHapus
  8. ane mau tanya gan.. waktu itu kan may pernah kabur, trus katanya dia pergi ke dermaga jam 6 sore... tapi waktu itu ane gak sempet dateng.. emang nya si may ngomongf apa sih gan??
    :n:

    BalasHapus
  9. Gan klo blm dapet pancingan di musim pertama spring gimana?

    BalasHapus
  10. the secret most secret newest
    "di dalam rumah ada pintu rahasia menuju dunia luar"
    saratnya jika ingin menuju kesana harus menemukan portalnya dulu
    good try :m:

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dpt dari mana lagi itu gan...
      Ada2 aja... -_-

      Hapus
  11. Gan... ane dah lama main HMBTN tapi baru on sekarang..... ane ada banyak info tapi lupa, jadi ntar ane post rahasianya

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi artikel...
Maaf, Mimin gak bakal balas komentar anda jika menggunakan "Anonim"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search This Blog

Memuat...

Entri Populer

Like Ya!

Pengikut